Rabu, 03 April 2013

MASA MUDA CUMA SEKALI



by Herman Lobo

 Hidup cuma sekali. Masa muda cuma sekali, jangan disia-siakan. Masa depan yang sukses dibangun mulai hari ini. Kesuksesan tidak dibangun dalam semalam. Butuh proses panjang, kadang harus melewati kegagalan dan cobaan. Tapi yakinlah bahwa semua cobaan dan kegagalan yang menerpa kita tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membimbing kita menuju kebijaksanaan yang lebih tinggi.


Kegagalan datang menunjukkan di mana kekurangan kita dan ke mana kita harus belajar untuk meningkatkan kemampuan kita. Lebih baik kita gagal di usia muda sehingga kita bisa jadi lebih bijak di masa tua. Dari pada gagal di usia tua, di mana kita sudah memiliki banyak tanggungan (anak, istri). Masa di mana energi kita tidaklah sebanyak dan sekuat di masa muda.


Berusahalah sekuat mungkin, manfaatkan waktu sebaik mungkin di masa muda. Masa muda kita cuma sekali. Sangat disayangkan jika kita melewati masa muda dengan bersantai, lebih banyak tiduran, nonton acara TV yang kurang bermanfaat dan tidak mendidik. Menghabiskan waktu mengejar kebahagiaan yang semu. Kita biarkan masa-masa yang indah ini lewat begitu saja. Waktu, asset paling berharga yang kita miliki, terbuang begitu saja.


Tapi lucunya kita bermimpi ntuk sukses di masa depan. Kita berharap nanti di masa depan kita, entah bagaimana akan sukses. Seolah kesuksesan itu datang dan jatuh dari langit. Padahal sesungguhnya kesuksesan itu adalah hasil dari perjuangan yang panjang. Dia dibangun mulai hari ini.
Masa depan yang sukses adalah hasil dari kerja keras di hari ini. Ibarat jika kita ingin memilik pohon kelapa yang akan sudah bisa berbuah lima tahun mendatang maka kita harus menanamnya hari ini. Kita tidak bisa menunggu lima tahun mendatang baru menanamnya. Dan berharap langsung bisa berbuah tahun itu juga. Tidak mungkin.


Segala sesuatu butuh proses.


Nah kembali ke masa sekarang. Apa yang kita lakukan setiap hari dalam mengisi masa muda kita? Apakah setiap waktu kita berlalu dengan sesuatu yang berharga? Membaca buku yang bagus, atau mungkin belajar suatu keterampilan baru. Atau kegiatan apa saja yang bersifat meningkatkan diri dan kemampuan kita.


Ataukah waktu kita terlewati begitu saja. Tanpa suatu kegiatan yang berarti. Ingat, waktu kita terbatas. Kita tidak mungkin hidup selamanya. Dan waktu takkan pernah bisa diputar kembali. Sekali lagi, jangan sia-siakan waktu kita. Jangan sia-siakan masa muda kita. Jadikan masa muda sebagai suatu masa yang patut dikenang, bukan masa yang akan disesali di masa mendatang.


Sekali lagi, ingat umur kita terbatas. Waktu kita terbatas. Jangan buang-buang waktu yang berharga ini. Jalani anugerah kehidupan ini dengan penuh rasa syukur dan mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Bermanfaat untuk diri kita dan sesama.


Masa muda cuma sekali. Menyesal tua hanyalah sia-sia dan bikin sakit hati.
******
Comments
5 Comments

5 komentar: